laporan ppk


LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN

      A.     PENDAHULUAN
    1.    Latar Belakang
Komitmen Pemerintah dalam menyikapi reformasi, khususnya  di bidang  pembangunan politik dan  demokratisasi di Indonesia dapat dicermati melalui upaya pembenahan sistem melalui kebijakan yang mendorong berkembangnya system pilitik dan demokratisasi yang lebih baik. Pembenahan system demokratisasi yang dilakukan diantaranya proses dan mekanisme Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah  melalui Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2017 Tentang pemilihan kepala daerah, serta Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017  tentang  Penyelenggaraan Pemilihan Umum.
Sebagai tindak lanjut implementasi  kebijakan tersebut dan sejalan dengan Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur tahun 2018 maka Pemerintah Kabupaten Lamongan dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan telah melakukan berbagai kegiatan  dengan merujuk pada regulasi dan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.
Panitia Pemilihan Kecamatan  (PPK) Deket sebagai Penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah  dan Wakil Kepala Daerah  Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 di Wilayah Kecamatan Deket, berdasarkan Tahapan Penyelenggaraan Pemilukada Provinsi Jawa Timur Tahun 2018,  sejak setelah dilantik oleh KPU tanggal 22 November 2018 telah melakukan berbagai kegiatan  sebagaimana dicermati pada bagian lain dalam  laporan ini.

    2.    Maksud dan tujuan
Penyajian Laporan Kegiatan Panitia Pemilihan Kecamatan  Deket pada Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provin si Jawa Timur 2018 ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang menyeluruh seputar pelaksanaan kegiatan yang dilakukan mulai sejak dilantik sampai dengan proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK. Sedangkan tujuan yang diharapkan adalah sebagai media informasi bagi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan dan Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam hal ini Kecamatan Deket sebagai implikasi  kebijakan bagi  pelaksanaan kegiatan ini  di masa yang akan datang.





B. TAHAP PERSIAPAN
Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh PPK Deket  dalam rangka Pemilihan Umum Kepala Daerah  dan Wakil Kepala Daerah  Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 pada Bulan November s/d Desember 2017 lebih terfokus pembentukan Panitia Ad Hock termasuk seleksi dan distribusi  Petugas PPDP, Pembentukan Sekretariat PPK dan PPS, serta serta pembentukan PPDP, adapun rincian kegiatan sebagai berikut :
Pada hari  Rabu Tanggal 3 Januari 2018 PPK Kecamatan Deket sebagaian anggota Mengikuti  pelatihan Bimtek Penggunaan uang dan pertanggunjawabannya yang bertempaat di Kecamatan Babat, Bu Dewi Selaku Devisi Keuangan dan Logistik menyampaikan agar semua PPK segera melaporkan pertanggungjawaban sebagai bentuk realisasi dari uang yang sudah di salurkan ke masing – masing PPK dan PPS melalui PPK, dan member pesan kepada PPK untuk menyampaikan kepada PPS supaya segera membuaat Laporan pertanggungjawaban setelah menerima uang. dan sebagaian anggota PPK yang tidak ikut Bimtek mendampingi KPU Kab. Lamongan untuk Verifikasi factual keanggotaan Parpol di Desa Laladan, Babat Agung, Sri rande dan Deket Wetaan, dalam veriffikasi tersebut banyak nama – nama yang tidak ditemukan orangnya dan dianggap oleh tim verifikasi tidak valid.
Hari Senin Tanggal 15 Januari 2018, semua anggota PPK Kecamatan Deket mengikuti kegiatan  Bimtek Pemutakhiran data dan daftar pemilh yang diadakan oleh KPU di Terminal Bakso Laren hal ini dimaksud supaya semua anggota PPK memahami dan mengerti tata cara pencoklitan atau Pemutakhiran data Pemilih daan daftar Pemilih. Kegiatan Bimtek tersebut di buka oleh Ketua KPU Kabupaten Lamongan Bapak Imam Ghozaali, ST dan dilanjutkan kegiatan Bimtek, pada acara tersebut Komisaris KPU Kab. Lamongan member paparan atau penjelasan sesuai dengan Devisinya masing – masing. Devisi SDM dan Parmas Bapak Fathur menjelasakan agar pencoklitan di laksanakan berdasarkan KK dan menggunakan Identitas KTP –el, KK dan Surat Keterangan, beliau juga menyampaikan agar PPDP menmberi tahu kepada pemilih tentang hari, tanggla dan tahun pelaksanaan Pemilukada Gunenur dan Wakil Gubenur Jawa Timur.
 Selanjutnya acara inti yakni Teknis Pemutakhiran data dan daftar pemilih di sampaikan oleh Bapak Ketua KPU Kab. Lamongan Bapak Imam Ghozali, ST, sebagai Ketua yang merangkap Divisi Data. Dalam penjelasannya Beliau menyampaikan agar PPDP benar – benar mendatangi rumah masyarakat ( door to door ) untuk mencoklit ( mencocokan dan meneliti ) nama – nama yang ada di A.KWK dengan nama  yang tertera di KTP –el, KK dan Surat Keterangan dengan teliti dan benar. Manakala ada data yang tidak cocok maka dicoret dan diubah sesuai dengan bukti identiras yang ada, nama – nama yang tidak memenuhi syarat ( TMS ) di coret, dan dimasukan ke Form AB.KWK. Sedangkan untuk pemilih yang tidak mempunyai KTP – el atau belum dipastikan mempunyai KTP – el dimasukan pada Form AC. KWK.
Beliau juga menyampaikan pada proses pencolitan PPDP harus memberikan Form model A3.KWK dan diberikan kepada pemilih serta menempelkan stiker pada rumah pemilih yang sudah dicoklit. Sedangkan untuk pemilih baru dimasukan pada Form AA.KWK.
Beliau juga menyampaikan supaya PPK atau PPS membimtek PPDP sesuai dengan Buku Kerja PPDP dan Buku Kerja PPS, Ketua KPU Kab. Lamongan juga menyampaaikan  bahwa tanggal 20 Januari 2018 akan diadakan pencoklitam masal, yang mana masing – masing PPK, PPS dan PPDB mencoklit 5 orang, hal ini sesuia dengan intruksi KPU RI sebgai langkah untuk rekor MURI.
Hari kamis Tanggal 18 Januari 2018, sesuai dengan Tahapan Pemilukada PPK Kecamatan Deket mengadakan Bimtek Pemutakhiran data dan daftar pemilh bersama – sama dengan PPDP dan PPS sewilayah Kecamatan Deket di Pondopo Kecamatan.
Bimbingan Teknis pencocokan dan penelitian pemilih tersebut di buka oleh Bapak Camat Deket dan dihadiri oleh jajaran Muspika juga Panwaslucam Kecamatan Deket. Dalam sambutannya Bapak Camat Deket  memberikan pengarahan agar semua penyelenggara Pemilukada baik PPK sampai jajaran kebawaahnya dan Panwaslucam melaksanakan tugasnya sesuai dengan aturan yang berlaku dan selalu saling koordinasi.
Begitu juga Kapolsek dan Danramil dalam sambutannya berpesan agar selalu koordinasi baik lintas lembaga penyelenggara pemilukada maupun dengan jajaran Muspika untuk menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Lamongan khususnya Kecamatan Deket.
Ketua PPK Kecamatan Deket Dalam sambutannya berpesan kepada PPDP untuk bekerja semaksimal mungkin dan selalu berkoordinasi baik dengan PPS maupun PPK.
Dalam acara tersebut materi di sampaikan oleh Divisi Teknis dan dibantu oleh semua anggota PPK. Dan materi yang disampaikan sesuai dengan apa yang kita terima dari KPU Kab. Lamongan dan berpedoman pada Buku Kerja PPDP dan PPS. Dan Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancer.
Pada hari Jum’at tanggal 19 Januari 2018, Kami, PPK Kecamatan Deket berkorrdinasi dengaan PPS untuk memastikan kegiatan pencoklitan serentak di seluruh wilayah kecamatan Deket dalam rangka  Pemutakhiran data dan daftar pemilh serta penyerahan logistic  di Pondopo Kecamatan. Sebagai langkah suksesi pelaksanaan Pemilukada Gubenur dan Wakil Gubenur Jawa Timur 2018 khususnya di wilayah Kecamatan Deket. Dalam kesempatan ini Ketua PPK kecamatan Deket kembali mengingatkan kepada PPS agar selalu mengingatkan kepada PPDP untuk benar – benar bekerja sesuai dengan Buku kerja yang sudah mereka terima dan segera berkoordinasi dengan PPDP untuk menyerahkan logistic yang mereka butuhkan.

C.  TAHAP PELAKSANAAN
Hari Sabtu tanggal 20 Januri 2018, sekitar pukul 07.00 Kami PPK Kecamatan Deket,
melaksanakan apel pemberangkatan pencoklitan serentak yang di ikuti oleh semua PPDP dan Semua PPS sewilayah Kecamatan Deket dan di hadiri oleh jajaran Muspika. Hal ini berdasarkan surat KPU Kabupaten Lamongan Tanggal 18 Januari 2018 Nomor : 15/PP.09.3-SD/3524/KPU-Kab/I/2018 yang menindaklanjuti  Surat KPU RI Tanggal   18 Januari 2018 Nomor : 60/PL.03.-SD/01/KPU/I/2018.
Isi Surat edaran :
1.      Setiap PPDP diwajibkan pada hari / Tanggal tersebut mendatangi 5 ( Lima ) rumah di wilayah kerjanya masing – masing. Seluruh Ketua dan anggota PPK, Ketua dan anggota PPS pada waktu tersebut secara serentak ikut bersama – sama PPDP melakukan coklit.Gerakan coklit serentak ini akan dijadiukan rekor MURI yaitu jumlah rumah terbanyak dalam satu waktu yang dilakukan pemutahiran data pemilih.
2.      PPK / PPS dimintak melaksanakan Apel kesiapan PPDP pada pagi hari sebelum proses coklit serentak. Apel kesipan PPDP dapat dilaksanakan perdesa / Kelurahan atau perkecamatan. Khusus kecamtan Lamongan Apel dilaksanakan di Halaman KPU Kab. Lamongan. Susunan  kegiatan apel sebagaimana contoh terlampir.Kegiatan apel di dokumentasikan dan dilaporkan ke KPU Kab. Lamongan.
3.      PPK diminta merekap nama – nama sasaran coklit serentak.
4.      PPK mendokumentasikan dan segera melaporkan kegiatan coklit serentak ke KPU Kab. Lamongan setelah kegiatan selesai Via Emai.
Adapun lampiran susunan kegiatan apel kesiapan gerakan coklit serentak sebagai berikut
1.      Persiapan
2.      Laporan Komandan upacara
3.      Amanah Inspektur Upacara
4.      Pembacaac pakta intergritas PPDP oleh anggota PPDP
5.      Pengalungan tanda pengenal PPDP oleh Inspektur upacara
Pada hari itu juga setelah Apel kesiaapan pencoklitan serentak Kami PPK Kecamatan Deket, ikut melaksanakan pencoklitan serentak serta mendampingi PPDP dan PPS ke desa – desa untuk melaksanakan pencoklitan secara serentak sesuai dengan wilayah kerja kita masing – masing. Pada proses pencoklitan ada kendala yang di hadapi oleh PPDP diantaranya adalah tokoh – tokoh masyarakat yang nama – namanya direncanakan untuk dicoklit ternyata tidak ada di rumah dan mereka harus mencari tokoh lainnya yang masih ada di TPS tersebut.
      Hadir juga Ibu Dewi Maslakhatul Ammah komisaris KPU Kab. Lamongan pada waktu pencoklitan serentak di Kecamatan Deket Tepatnya Desa Deket Kulon, kedatangan Ibu Dewi di sambut oleh bapak Ketua PPK dan Bapak Tofan selaku ketua PPS Desa Deket Kulon. Ibu Dewi Juga ikut terjun ke masyarakat pada waktu itu menyaksikan proses pencoklitam yamg dilakukan oleh PPDP Desa Deket Kulon
Pada hari Sabtu tanggal 27 Januari 2018, Kami PPK Kecamatan Deket, melaksaanakan monitoring pelaksanaan pencoklitan yang di lakukan oleh PPDP bersaama PPS ke desa – Desa sewilayah Kecamatan Deket, hal ini dikarenakan banyak PPDP dan PPS yang belum secara detail dapat mengisi form yang diberikan oleh KPU Kab. Lamongan karena form yang disampaikan selalu berubah – ubah juga dalam rangka member motivasi kepada mereka dan mungkin ada kendala yang mereka hadapi.
Pada hari senin tanggal 29 Januari 2018, yang merupakan batas akhir tahap 1 pencoklitan  Kami PPK Kecamatan Deket melakukan rekapitasi hasil coklit PPDP selama 10 hari di kantor PPK Kecamatan Deket hal ini kami lakukan supaya data yang sudah dikirim oleh PPDP melalui PPS dapat kami sampaikan kepada KPU Kab. Lamongan. Kami bekerja sampai larut malam bahkan lampu padampun tak menyurutkan kami untuk menyelesaikan pekerjaan. Dan Alhamdulillah pada malam itu juga data sudah dapat kami kirim ke KPU Kab. Lamongan lewat WA.

      D.     PERMASALAHAN DAN PENYELESAIAN
Diakui bahwa pelaksanaan kegiatan PPK Kecamatan Deket di Bulan Januari 2018 diwarnai berbagai hambatan. Menghadapi hambatan-hambatan tersebut, berbagai upaya  dilakukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. Adapun hambatan dan Upaya pemecahan yang dilakukan adalah sebagai berikut :




       1.          Permasalahan
Permasalahan Potensial yang ditemui selama Pelaksanaan Tugas PPK Deket di Bulan
Januari  2018  adalah
a.       PPDP yang kurang berkoordinasi dengan PPS sehingga ada kendala dalam proses
pencoklitan.
b.      Data pencoklitan serentak yang berbasis KK perPPDP 5 ( lima ) rumah ternyata masih ada yang tidak ada di rumah.
c.       Keterlambatan PPS dalam menyikapi dan melaksanakan tugas – tugas yang diberikan oleh PPK
d.      Form dari KPU Kab. Lamonga yang sering berubah - ubah

       2.          Upaya Pemecahan
Menghadapi kondisi tersebut maka langkah-langkah konkrit yang ditempuh  sebagai upaya pemecahan, antara lain:
      a.       Membangun  koordinasi dan kerjasama dengan Camat Deket dan para Kepala Desa agar dapat diperkenankan menggunakan fasilitas Kantor Kecamatan dan Kelurahan setelah usai kegiatan pelayanan rutin kantor. Selain itu,   dukungan serta kerjasama dengan  KPU Kabupaten Lamongan yang turut memberi makna bagi dinamika pelaksanaan tugas PPK Deket.
      b. Kami menyarankan kepada PPDP untuk mengganti Tokoh – tokoh masyarakat yang masuk data pencoklitan serentak dengan tokoh masyarakat lain yang bertempat di TPS setempat.

      c. Selalu berkoordinasi dengan PPS setiap Tahapan Pemilukada demi terselesainya tugas yang diberikan oleh KPUD Kabupaten Lamongan melalui PPK
      d. Menyampaikan informasi terbaru dari KPU  Kab. Lamongan terkait perubahan Form









      E.      PENUTUP
Pada bagian akhir dari laporan ini akan disajikan beberapa kesimpulan dan saran yang perlu disikapi antara lain sebagai berikut :
       1.          Kesimpulan
Secara keseluruhan, kegiatan PPK Deket pada Bulan Januari  2018 dilaksanakan dengan baik sesuai tahapan kegiatan yang telah ditetapkan, walaupun masih ditemui berbagai kekurangan. Kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama yang dibangun bersama  stakeholders.
       2.          S a r a n
Menyimak  hambatan tersebut di atas maka disarankan agar keterbatasan fasilitas  dan Dana Operasional kiranya menjadi perhatian KPU Kabupaten Lamongan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas PPK Deket yang lebih optimal. Kebijakan konkrit yang dapat disarankan perihal keterbatasan fasilitas tersebut dapat ditanggulangi melalui peningkatan biaya operasional baik ditingkat PPK maupun PPS.
Demikian Laporan kegiatan Bulan Januari 2018 ini disajikan, dan atas perhatian serta kerjasama yang baik  disampaikan terima kasih.
Deket, 31 Januari 2018
PPK KEC. DEKET
1.       ILHAM SUJIONO, SE ... ( Ketua PPK )                                   1.  ...............................
2.      ANAS FACHUL R      .... ( Divisi Teknis )                                             2.......................
3.      EKA BUDI SETIADI  ...  ( Divisi data )                                    3. .................................
4.      KHOLIL                      ...   ( Divisi SDM dan PARMAS )                      4. ....................
5.      MUZAKKI           ...    ( Divisi Logistik dan Keuangan ) 5. ...............................















        Mengetahui
Ketua PPK Deket,                                             Devisi SDM dan PARMAS,


ILHAM SUJIONO, SE                                           YUSUF WIBISONO, SH                                                          

Komentar

  1. Online Casino | UK's #1 Software Provider | Lucky Club
    Play online casino 카지노사이트luckclub games from the UK's #1 software provider. Get our exclusive welcome bonus and play with real money. Start now!

    BalasHapus
  2. Borgata Hotel Casino & Spa - JTM Hub
    The Borgata Hotel 김포 출장안마 Casino 구미 출장안마 & Spa has a variety of slot machines 김제 출장샵 and table games, including blackjack, 안양 출장마사지 craps, 제천 출장안마 roulette, live dealer and

    BalasHapus

Posting Komentar